Harus diakui adanya dana desa dari pemerintah menjadi komponen penting pembangunan, terutama infrastruktur desa. Selama ini desa-desa bukannya tidak memiliki rencana membangun desa. Cita-cita membangun desa itu ada, namun terkendala soal ketersediaan dana.

Oleh sebab itu, kini setelah dana desa rutin disalurkan setiap tahun, sudah sepantasnya dipergunakan untuk kebutuhan yang selama ini diimpikan warga desa. Untuk wilayah-wiyalah desa yang selama ini masih belum memiliki infrastruktur memadai, kebutuhan pembangunan seperti jalan, jembatan, talud, dan lain-lainnya harus segera difasilitasi pembangunannya. Mengingat keberadaan infrastruktur itulah yang diakui turut mempermudah akses dan aktivitas masyarakat.

Seperti halnya di Desa Ngrance, pembangunan jalan, jembatan, dan talud telah menyentuh wilayah desa yang selama ini bisa dikatakan sepi pembangunan. Maka dengan prakarsa warga juga, pembangunan Ngrance kini bisa dikatakan jauh lebih maju dan dampaknya dirasakan seluruh warga desa. Kini hanya tinggal berharap pengawasan atas pembangunan yang menggunakan dana desa tetap dimaksimalkan.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?